PERHATIAN!!
Layanan ini hanya MEMPERMUDAH anda dalam pencarian KTI Skripsi karena kami tahu betapa sulitnya mencari data dan menyusun KTI/Skripsi. Dengan memanfaatkan Layanan ini anda bisa menghemat waktu, tenaga dan biaya dalam menyusun tugas akhir.
Anda mungkin tidak akan datang ke blog ini untuk kedua kali, atau sebelum judulnya diajukan oleh teman, jadi manfaatkan pesan sekarang juga.
Jika anda memesan hari ini, sebelum pukul 23.59 WIB dapatkan 10 BONUS untuk menunjang KTI Skripsi anda, KLIK DISINI untuk melihat Bonusnya

Telusuri Skripsi atau KTI yang Anda Cari di Bawah ini :

Selasa, 12 April 2011

Pengalaman Primigravida terhadap Perubahan Fisiologis dan Psikologis dalam Masa Kehamilan

KTI SKRIPSI
PENGALAMAN PRIMIGRAVIDA TERHADAP PERUBAHAN FISIOLOGIS DAN PSIKILOGIS DALAM MASA KEHAMILAN

ABSTRAK
Dengan terjadinya kehamilan, maka seluruh sistem genitalia wanita mengalami perubahan yang mendasar sehingga dapat menunjang perkembangan dan pertumbuhan janin dalam rahim. Plasenta dalam perkembangannya mengeluarkan hormon somatomamotropin, estrogen, dan progesteron yang menyebabkan perubahan pada seluruh sistem yang ada di dalam tubuh wanita hamil. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali pengalaman primigravida terhadap perubahan fisiologis dan psikologis dalam masa kehamilan. Desain yang digunakan adalah desain fenomenologi. Teknik pengambilan sampel yang akan dilaksanakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 10 orang. Penelitian dilaksanakan dari Desember-Mei. Dari hasil penelitian perubahan fisiologis dalam masa kehamilan, yaitu peningkatan pada berat badan, hyperpigmentasi pada warna kulit, payudara membesar dan tegang. Penyebab dari perubahan fisiologis dalam masa kehamilan adalah karena pengaruh hormonal, pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam rahim. Ketidaknyamanan umum selama kehamilan antara lain: kaki bengkak, mual dan muntah, keputihan, perubahan pada sistem eliminasi, sesak nafas, rambut rontok, dan nyeri punggung. Upaya yang dilakukan untuk mengurangi ketidaknyamanan umum selama kehamilan, antara lain: istirahat, mengurangi konsumsi garam, mengkonsumsi makanan berserat, mengkonsumsi susu, menjaga kebersihan daerah kemaluan, mengurangi kopi dan teh, menggunakan pakaian yang tidak ketat, dan menggunakan shampoo antirontok. Perubahan psikologis selama masa kehamilan terjadi peningkatan emosional. Penyebab dari perubahan psikologis dalam masa kehamilan adalah karena ibu seringkali merasa khawatir atau takut jika janinnya yang dilahirkannya tidak normal. Upaya dalam menghadapi perubahan psikologi dalam masa kehamilan yaitu perlunya dukungan dari suami dan keluarga serta memperbanyak kegiatan religius. Diharapkan kepada petugas kesehatan khususnya bidan agar meningkatkan program pendidikan kesehatan kepada klien khususnya pada ibu hamil melalui penyuluhan-penyuluhan tentang perubahan fisiologis dan psikologis yang terjadi selama kehamilan, sehingga ibu hamil memiliki pengetahuan mengenai perubahan-perubahan tersebut. Dengan demikian ibu hamil dapat membedakan perubahan yang normal dan tidak normal (patologis)
Daftar Pustaka : 27 buku
Kata Kunci    : Pengalaman, primigravida, perubahan fisiolgis, perubahan psikologi
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Seorang wanita yang telah memasuki masa produktif atau sudah menstruasi mempunyai kesempatan untuk hamil. Setelah melalui suatu proses, sel telur menjadi matang. Kehamilan dapat terjadi jika sel telur yang telah matang dibuahi oleh spermatozoa ( Indarti, 2004 ).
Kehamilan adalah peristiwa penting bagi wanita dan suatu peristiwa istimewa yang akan menjadi indah di tengah-tengah masyarakat. Sebagian besar wanita menyambut kehamilan ini dengan gembira, tetapi adakalanya disertai kecemasan dan kesedihan. Beberapa wanita yang sangat mendambakan kehamilan cenderung meniru segala gejala kehamilan, tetapi sebagian ibu kaget dan belum siap menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi pada dirinya ( Liewellyn, Jones & Derek, 2001 ).
Tanda dan gejala kehamilan pada setiap wanita berbeda-beda begitu juga tingkatan dan frekuensinya. Gejala kehamilan ada yang terjadi beberapa hari setelah konsepsi, tetapi ada juga yang baru merasakannya setelah kehamilan berusia beberapa minggu. Sebagian orang ada yang merasakan gejala kehamilannya mirip menstruasi, seperti:temperamen tinggi. Tetapi pada umumnya, tanda dan gejala kehamilan akan sangat dirasakan pada tahap implantasi yaitu 8-10 hari dari masa konsepsi (Farrer, 1999).
Dengan terjadinya kehamilan, maka seluruh sistem genitalia wanita mengalami perubahan yang mendasar sehingga dapat menunjang perkembangan dan pertumbuhan janin dalam rahim. Plasenta dalam perkembangannya mengeluarkan hormon somatomamotropin, estrogen, dan progesteron yang menyebabkan perubahan pada

seluruh sistem yang ada di dalam tubuh wanita hamil, seperti : perubahan pada sistem kulit, terutama pada kulit wajah. Perubahan tersebut berupa bintik-bintik hitam di sekitar pipi atau leher ( Indarti, 2004 ; Liewellyn, Jones, & Derek, 2001 ).
Selama minggu pertama, hampir seluruh wanita hamil merasakan mual dan muntah, nafsu makan berkurang, sering meludah, pusing dan banyak lagi perubahan hormonal sebagai tanda dan gej ala kehamilan yang dialami seorang wanita dalam masa kehamilan. Namun setelah trimester pertama terlewati, gej ala-gej ala diatas akan berkurang (Manuaba, 1998 dan Farrer, 1999 ). Hal ini tidak terlepas dari pengetahuan ibu hamil tentang perubahan fisiologis pada awal kehamilan dan sejauh mana kesiapan ibu hamil secara psikologi dalam menghadapi kehamilannya. Pengetahuan ini penting dimiliki untuk memahami tanda dugaan (presumptif) dan tanda kemungkinan (probable) kehamilan. Pengetahuan ini juga penting untuk mengetahui adanya kelainan dan penyulit dalam kehamilan ataupun kondisi tertentu yang dapat menimbulkan tanda dan gejala khusus (Varney, 2006).
Selama masa kehamilan, banyak wanita hamil mengalami perubahan psikologis dan emosional. Seorang wanita hamil mengatakan betapa bahagianya dia karena akan menjadi seorang ibu dan dia sudah memilihkan sebuah nama untuk bayi yang akan dilahirkannya. Namun tidak jarang ada wanita yang merasa khawatir kalau terjadi masalah dalam kehamilannya, khawatir kalau ada kemungkinan dia kehilangan kecantikannya, atau kemungkinan bayinya tidak normal. (WHO JHPIEGO, 2003)
Oleh karena itu, pengalaman ibu hamil tentang perubahan fisiologis dan psikologis dalam masa kehamilan penting untuk diteliti, terutama pada ibu hamil primigravida yang hamil untuk pertama kalinya. Hal ini mengingat belum adanya penelitian mengenai pengalaman primigravida tentang perubahan fisiologis dan psikologis dalam masa kehamilan.

B.    Perumusan Masalah
Adapun perumusan masalah pada penelitian ini adalah ”Bagaimana pengalaman primigravida tentang perubahan fisiologis dan psikologis dalam masa kehamilan?“

C.    Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini untuk menggali pengalaman primigravida tentang perubahan fisiologis dan psikologis dalam masa kehamilan.

D.    Manfaat Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pendidikan kebidanan, dan penelitian kebidanan dan praktek kebidanan.
1.    Pendidikan Kebidanan
Hasil penelitian ini diharapkan menjadi sumber informasi dan bahan acuan kepada mahasiswa kebidanan dalam menerapkan asuhan kebidanan khususnya pada ibu hamil.
2.    Penelitian Kebidanan
Hasil penelitian ini diharapkan menjadi salah satu sumber bagi penelitian yang akan datang sehingga menjadi bahan acuan dalam menerapkan pengalaman ilmiah.
3.    Praktek kebidanan
Hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan masukan kepada bidan dalam memberikan asuhan kebidanan kepada ibu hamil. Bidan diharapkan dapat menjelaskan perubahan fisiologis dan psikologis dalam masa kehamilan dan dapat mengambil tindakan yang sesuai dengan perubahan fisiologis dan psikologis yang di alami ibu hamil.

silahkan download dalam bentuk dokumen word KTI SKRIPSI
Pengalaman Primigravida terhadap Perubahan Fisiologis dan Psikilogis dalam Masa Kehamilan
KLIK DIBAWAH 

BELUM KETEMU JUGA cari lagi DISINI: